Manfaat Kesehatan dari Basil Kudus

Kemangi Suci (Ocimum tenuiflorum) tidak seperti kemangi manis dalam saus marinara ibu Anda atau ramuan Thailand yang Anda gunakan untuk membumbui semangkuk pho. Tanaman berdaun hijau ini, juga dikenal sebagai Ocimum sanctum L. dan tulsi, berasal dari Asia Tenggara. Ini memiliki sejarah dalam pengobatan India sebagai pengobatan untuk berbagai kondisi, dari penyakit mata hingga kurap.

Dari daun hingga bijinya, kemangi suci dianggap sebagai tonik bagi tubuh, pikiran, dan jiwa. Bagian yang berbeda dari tanaman direkomendasikan untuk mengobati berbagai kondisi:

    Gunakan bunga segar untuk bronkitis.
    Gunakan daun dan biji, dengan lada hitam, untuk malaria.
    Gunakan seluruh tanaman untuk diare, mual, dan muntah.
    Gunakan pil dan bentuk salep untuk eksim.
    Gunakan ekstrak alkohol untuk sakit maag dan penyakit mata.
    Gunakan minyak esensial yang terbuat dari daun untuk gigitan serangga.

Banyak penelitian mendukung penggunaan seluruh tanaman kemangi suci untuk digunakan manusia dan nilai terapeutiknya. Nilai gizi juga tinggi, karena mengandung:

    vitamin A dan C
    kalsium
    seng
    besi
    klorofil

Selalu berbicara dengan dokter Anda sebelum mengonsumsi suplemen. Seperti banyak suplemen, kemangi suci tidak disetujui sebagai pengobatan lini pertama. Ini juga dapat berinteraksi dengan obat yang sudah Anda minum.

Baca terus untuk mengetahui mengapa basil suci disebut "Ratu Herbal."
Kurangi stres dan kecemasan

Semua bagian dari tumbuhan kemangi suci bertindak sebagai adaptogen. Adaptogen adalah zat alami yang membantu tubuh Anda beradaptasi terhadap stres dan meningkatkan keseimbangan mental. Konsep adaptogen adalah pendekatan holistik. Tetapi penelitian ilmiah menunjukkan bahwa kemangi suci memiliki sifat farmakologis untuk membantu pikiran Anda mengatasi berbagai jenis stres.

Sumber stres Anda dapat berupa:

    bahan kimia
    fisik
    menular
    emosional

Dalam kasus stres fisik, kemangi suci diketahui meningkatkan daya tahan pada hewan. Hewan yang memiliki ekstrak daun kemangi suci dan pergi melalui skenario stres yang disebabkan oleh lingkungan menunjukkan:

    metabolisme ditingkatkan
    meningkatkan waktu berenang
    kerusakan jaringan lebih sedikit
    tingkat stres yang lebih rendah dalam lingkungan yang keras

Studi manusia dan hewan melihat berkurang:

    menekankan
    masalah seksual
    masalah tidur
    kelupaan
    kelelahan

Menurut Journal of Ayurveda and Integrative Medicine, kemangi suci memiliki sifat antidepresi dan anti-kecemasan yang sebanding dengan diazepam dan obat antidepresan. Studi-studi ini meneliti daun. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang mengonsumsi 500 miligram (mg) ekstrak basil suci setiap hari merasa kurang cemas, stres, dan depresi. Orang juga merasa lebih sosial.

Praktisi Ayurvedic merekomendasikan minum basil suci sebagai teh menggunakan daun. Dan karena bebas kafein, tidak apa-apa dan bahkan disarankan untuk minum setiap hari. Minum teh bisa ritualistis dan menenangkan yoga. Ini menumbuhkan pikiran jernih, relaksasi, dan rasa sejahtera.

Tetapi jika rasa basil dan pedas basil tidak secangkir teh Anda, suplemen dalam bentuk pil atau sebagai ekstrak alkohol tersedia. Ada sedikit risiko kontaminasi ketika mengambil herbal dalam bentuk alami.

    Ringkasan
    Kemangi Suci telah terbukti memiliki sifat antidepresan dan anti ansietas yang mirip dengan obat antidepresan. Penelitian telah menunjukkan bahwa itu dapat membantu orang merasa lebih sosial dan kurang cemas.

Merangsang dan menghidupkan kembali tubuh Anda

Kemangi Suci juga tinggi anti-oksidan dan membantu detoksifikasi tubuh Anda. Studi menunjukkan bahwa kemangi suci dapat melindungi tubuh Anda dari bahan kimia beracun. Ini juga dapat mencegah kanker dengan mengurangi pertumbuhan sel kanker.
Lindungi dari infeksi dan mengobati luka

Ekstrak yang terbuat dari daunnya diperkirakan dapat meningkatkan kecepatan dan kekuatan penyembuhan luka. Kemangi Suci adalah:

    antibakteri
    antivirus
    antijamur
    anti-inflamasi
    analgesik (obat penghilang rasa sakit)

Beberapa orang bahkan menggunakan basil suci setelah operasi untuk menyembuhkan dan melindungi luka mereka. Kemangi Suci meningkatkan kekuatan patah luka Anda, waktu penyembuhan, dan kontraksi. Kekuatan putus mengacu pada seberapa banyak tekanan atau berat yang dapat diambil luka sebelum patah.

Penelitian menunjukkan bahwa kemangi suci dapat bekerja melawan infeksi dan luka, seperti:

    bisul mulut
    keloid
    mengangkat bekas luka
    jerawat

Turunkan gula darah Anda

Jika Anda memiliki pradiabetes atau diabetes tipe 2, semua bagian dari tanaman kemangi suci dapat membantu mengurangi gula darah Anda. Percobaan pada hewan dan manusia menunjukkan bahwa kemangi suci dapat membantu mencegah gejala diabetes seperti:

    penambahan berat badan
    hiperinsulinemia, atau kelebihan insulin dalam darah
    Kolesterol Tinggi
    resistensi insulin
    hipertensi

Dalam penelitian ini, tikus yang menerima ekstrak basil suci melihat penurunan 24 persen gula darah setelah 30 hari. Gula darah pada tikus yang diberi bubuk daun kemangi juga menurun setelah sebulan.

Bicarakan dengan dokter Anda sebelum menambahkan basil suci ke dalam diet Anda. Jika Anda sudah mengonsumsi obat untuk mengontrol gula darah, itu dapat menurunkan kadar gula darah Anda lebih banyak lagi.
Turunkan kolesterol Anda

Sejak basil suci menargetkan stres metabolik, itu juga dapat membantu menurunkan berat badan dan kadar kolesterol. Penelitian pada hewan melihat perubahan signifikan pada molekul lemak kelinci ketika mereka makan daun basil segar. Mereka memiliki kolesterol “jahat” (LDL-kolesterol) dan kolesterol “baik” (HDL-cholesterol) yang lebih rendah.

Satu penelitian pada hewan menemukan bahwa minyak dalam kemangi suci (eugenol) menurunkan tingkat kolesterol yang diinduksi stres. Ada pengurangan total kolesterol di ginjal, hati, atau jantung pada tikus dengan dan tanpa diabetes setelah mereka makan bubuk daun kemangi suci.
Meringankan peradangan dan nyeri sendi

Bayangkan mampu mengatasi stres, kecemasan, dan peradangan dengan secangkir teh santai yang dibuat dengan daun kemangi suci. Sebagai adaptogen dengan sifat anti-inflamasi dan antioksidan, basil suci menyediakan semua manfaat ini. Ia bahkan dapat membantu orang dengan radang sendi atau fibromyalgia.
Lindungi perutmu

Kemangi suci dapat menangkal efek dari ulkus yang diinduksi oleh stres. Ini secara alami meningkatkan pertahanan perut Anda dengan:

    menurunkan asam lambung
    meningkatkan sekresi lendir
    meningkatkan sel-sel lendir
    memperpanjang umur sel-sel lendir

Banyak obat untuk tukak lambung memiliki efek samping dan dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada beberapa orang. Kemangi suci bisa menjadi alternatif yang lebih disukai. Satu penelitian pada hewan menunjukkan bahwa 200 mg ekstrak basil suci mengurangi baik jumlah dan indeks bisul secara signifikan pada dua pertiga hewan.

    Ringkasan
    Kemangi suci telah terbukti meningkatkan kesehatan tubuh Anda dalam berbagai cara. Dapat membantu melindungi terhadap infeksi, menurunkan gula darah, menurunkan kolesterol, meredakan nyeri sendi, dan melindungi perut Anda.

Menambahkan basil suci untuk perawatan diri Anda

Suplemen ekstrak basil suci tersedia dalam bentuk pil atau kapsul. Dosis yang disarankan berkisar dari 300 mg hingga 2.000 mg per hari untuk tujuan pencegahan umum. Ketika digunakan sebagai pengobatan, dosis yang dianjurkan adalah 600 mg hingga 1.800 mg yang diambil dalam beberapa dosis sepanjang hari. Semua bagian tanaman mungkin digunakan dalam suplemen dan salep topikal.

Minyak atsiri kemangi suci disuling dari daun dan bunga tanaman.

Anda juga bisa membuat teh basil suci menggunakan daun, bunga, atau bubuk daun kering. Ramuan ini juga dapat digunakan untuk membuat teh yang baru diseduh dengan menempatkan 2-3 sendok makan basil suci dalam secangkir air mendidih dan membiarkannya curam selama 5-6 menit.

Daunnya juga biasa digunakan dalam masakan, meskipun beberapa orang makan daun mentah. Kemangi kudus rasanya pedas dan pahit.

    Ringkasan
    Ada banyak cara untuk memasukkan basil suci ke dalam kehidupan sehari-hari Anda. Anda bisa memasak dengan itu, mengambilnya dalam bentuk suplemen, atau membuat teh bersamanya. Kemangi Suci juga tersedia sebagai minyak esensial.

Penggunaan yang aman

Selalu pastikan untuk berbicara dengan dokter Anda sebelum menggabungkan kemangi suci atau suplemen lain ke dalam diet Anda. Tidak ada cukup penelitian untuk merekomendasikan penggunaan untuk bayi, anak-anak, dan wanita hamil atau menyusui. Pengolahan, kualitas, kemurnian, dan keefektifan herbal atau suplemen tidak dimonitor oleh FDA.

Belilah basil suci dari sumber terpercaya yang tumbuh secara organik di lingkungan pedesaan yang tidak tercemar. Kemangi Suci yang tumbuh di daerah yang tercemar mungkin mengandung dua kali toksisitas.

Tidak ada efek samping negatif yang dilaporkan selama uji klinis pada manusia. Namun, Anda harus menghindari basil suci jika Anda menyusui, hamil, atau mencoba untuk hamil. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa kemangi suci dapat mempengaruhi kesuburan dan merangsang kontraksi uterus.

    Ringkasan
    Efek samping negatif belum pernah dilaporkan dalam uji coba manusia tetapi sebaiknya Anda berbicara dengan dokter Anda sebelum memasukkan basil suci ke dalam diet Anda. Cobalah untuk membelinya dari sumber yang bereputasi jika memungkinkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar