Mengidentifikasi Stretch Marks

Stretch mark adalah garis putih ke merah yang mungkin Anda lihat di perut, pinggul, paha, atau bagian lain dari tubuh Anda. Selain dari penampilan, Anda mungkin juga memperhatikan rasa gatal yang ekstrim, yang lebih mungkin terjadi dengan stretch mark yang baru dikembangkan selama kehamilan dan fluktuasi berat badan lainnya.

Sementara stretch mark dapat terjadi di mana saja di tubuh, mereka cenderung berkembang di area di mana Anda mendapatkan banyak berat badan dalam waktu singkat. Ini termasuk kehamilan dan berat badan yang tidak hamil, seperti saat pubertas.

Tanda peregangan tidak berbahaya secara medis. Kuncinya adalah mengidentifikasi tanda stretch dan kemudian meringankan gatal.
Penyebab stretch mark gatal

Stretch mark disebabkan oleh peregangan kulit Anda yang menyebabkan robeknya pada dermis, lapisan di bawah epidermis. Rambatan ini memungkinkan apa yang ada di lapisan di bawah dermis untuk mengisi dan menyebabkan stretch mark.

Ini biasanya terjadi ketika Anda menambah berat badan dalam waktu singkat, dan kulit Anda harus mengimbangi pertumbuhan yang cepat. Kenaikan berat badan tersebut dapat dikaitkan dengan kehamilan, pubertas, atau kondisi medis tertentu.

Pada awalnya, stretch mark baru berwarna merah muda, merah, atau ungu. Stretch mark segar juga lebih rentan terhadap rasa gatal. Saat stretch mark sembuh, mereka bisa berubah menjadi putih. Kebanyakan stretch mark berjalan secara vertikal di sepanjang tubuh Anda, meskipun kadang-kadang bisa horisontal juga.

Kulit yang menyembuhkan cenderung gatal. Dengan merobek kulit, saraf Anda merespons dengan menciptakan sensasi gatal. Ini juga mengapa stretch mark Anda mungkin gatal setelah Anda kehilangan berat badan.
Kehamilan dan stretch mark

Kehamilan dapat menyebabkan peningkatan berat badan yang cepat pada beberapa wanita, terutama di daerah pinggul, paha, dan perut. Beberapa wanita lebih rentan terhadap stretch mark di area ini, dan mereka mungkin gatal saat mereka sembuh.

Juga mungkin bahwa rasa gatal dikaitkan dengan lebih dari sekedar stretch mark terkait kehamilan. Beberapa ibu hamil mengembangkan ruam yang disebut papul urtikaria pruritus dan plak kehamilan (PUPPP). Dalam beberapa kasus, PUPPP dapat berkembang secara langsung di atas stretch mark Anda, menyebabkan rasa gatal yang ekstrim.
Tidak hamil dan stretch mark

Tanda stretch gatal juga terkait dengan penyebab lain. Meskipun siapa pun yang mengalami fluktuasi berat badan mungkin mendapatkan stretch mark, Anda lebih mungkin mendapatkannya jika Anda:

    adalah perempuan
    memiliki riwayat keluarga stretch mark
    mengalami pertumbuhan otot yang cepat saat latihan beban
    memiliki riwayat kenaikan atau penurunan berat badan yang cepat
    sedang mengalami pubertas
    memiliki riwayat penggunaan kortikosteroid sistemik atau topikal, seperti secara teratur menggunakan hidrokortison topikal pada kulit Anda, karena ini dapat meregangkan kulit dan membuatnya lebih tipis.

Kondisi medis tertentu yang tidak berhubungan dengan kehamilan juga dapat menyebabkan stretch mark. Ini termasuk:

    kelebihan berat badan atau obesitas
    fluktuasi hormon yang sering terjadi
    Sindrom Cushing
    Sindrom Marfan
    Sindrom Ehlers-Danlos

Ketika stretch mark berkembang dan sembuh dengan salah satu penyebab dan faktor risiko di atas, Anda mungkin mengalami gatal di tempat. Dan, awasi kulit kering, karena ini dapat membuat stretch mark Anda lebih gatal.
Gatal lega

Kunci untuk mendapatkan stretch mark yang gatal adalah untuk mengobati gatal yang mendasarinya. Cobalah untuk tidak menggaruk, karena itu membuat Anda lebih rentan terhadap luka dan infeksi. Sebagai gantinya, cobalah pengobatan rumahan ini untuk menghentikan rasa gatal.
Cocoa butter

Ini adalah perawatan di rumah yang sangat menenangkan kulit Anda selama kehamilan. Krim ultra-pelembab yang tebal membantu menjaga kulit Anda terhidrasi sekaligus juga mengurangi rasa gatal.

Temukan cocoa butter online di sini.
Pelembab dan topikal lainnya

Rasa gatal yang disebabkan oleh PUPPP dapat memperoleh manfaat dari pelembab serta kortikosteroid atau antihistamin topikal. Namun, pastikan Anda tidak menggunakan kortikosteroid lebih lama dari yang disarankan, karena ini dapat menyebabkan kulit menipis seiring waktu, dan peningkatan risiko untuk stretch mark di masa mendatang.

Beli pelembab online.
Minyak kelapa dan vitamin E

Minyak kelapa dan kapsul dan krim vitamin E juga dapat membantu meringankan gatal. Minyak nabati lainnya, seperti almond dan minyak zaitun juga dapat mengurangi gatal pada stretch mark Anda. Jika kulit Anda berada di sisi berminyak, cobalah minyak jojoba sebagai gantinya - ini dapat membantu mengurangi akumulasi minyak dari kulit Anda.

Temukan produk minyak kelapa di sini.

Lihat produk vitamin E online.
Gunakan lebih awal dan sering

Apa pun perawatan di rumah yang Anda coba, penting untuk menggunakannya sesegera dan sesering mungkin untuk hasil terbaik. Ini juga bisa memakan waktu beberapa hari - bahkan berminggu-minggu - untuk setiap perawatan rumah stretch mark untuk bekerja. Memijat produk di kulit Anda dapat membuatnya lebih efektif. Tetaplah dengan perawatan Anda sampai semua tanda dan gejala stretch mark gatal membaik.

Ada juga perawatan prosedural tingkat profesional, yang biasanya dilakukan oleh dokter kulit, untuk mengurangi munculnya stretch mark. Beberapa pilihan termasuk terapi laser, mikrodermabrasi, dan pengelupasan kimia. Anda dapat mempertimbangkan untuk menemui dokter kulit untuk informasi lebih lanjut tentang opsi-opsi ini.
Pencegahan

Anda dapat membantu mencegah gatal dengan melembabkan stretch mark dan kulit di sekitarnya dengan benar. Minum banyak air setiap hari juga dapat menjaga kulit terhidrasi dan mengurangi rasa gatal.

Meskipun hampir tidak mungkin untuk mencegah fluktuasi berat selama seumur hidup, Anda dapat membantu memastikan Anda mengendalikan beberapa penyebab kenaikan berat badan yang cepat, seperti penggunaan steroid atau gaya hidup yang tidak aktif.

Mengikuti ujian kesehatan tahunan Anda juga akan memberikan kesempatan bagi dokter Anda untuk mendiagnosis kemungkinan penyebab peningkatan berat badan yang cepat yang dapat dikendalikan dengan perawatan yang cepat.
Garis bawah

Seperti halnya sebagian besar stretch mark memudar ke penampilan yang kurang terlihat seiring waktu, Anda juga mungkin akan melihat penurunan rasa gatal secara bertahap. Namun, jika stretch mark Anda terus gatal meskipun perawatan rumah, Anda mungkin ingin melihat dokter Anda untuk evaluasi. Anda juga harus menghubungi dokter Anda jika stretch mark Anda disertai dengan ruam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar