Pengobatan rumah sengatan lebah

Apa yang terjadi ketika seekor lebah menyengat Anda?

Bagi kebanyakan orang, sengatan lebah hanyalah gangguan.

Anda mungkin mengalami nyeri tajam sementara, bengkak, kemerahan, kehangatan, dan gatal di tempat yang menyengat, tetapi tidak ada komplikasi serius.

Jika Anda alergi pada lebah, atau tersengat beberapa kali, sengatan lebah bisa menjadi lebih bermasalah. Mereka bahkan dapat mengancam jiwa.

Ketika lebah madu menyengat Anda, sengatnya dilepaskan ke kulit Anda. Ini akhirnya membunuh lebah madu.

Lebah madu adalah satu-satunya jenis lebah yang mati setelah menyengat. Tabuhan dan spesies lainnya tidak kehilangan stinger mereka. Mereka mungkin menyengat Anda lebih dari sekali.

Jika lebah menyengat Anda, ia akan meninggalkan racun beracun yang dapat menyebabkan rasa sakit dan gejala lainnya. Beberapa orang alergi terhadap racun ini.

Reaksi alergi ringan dapat menyebabkan kemerahan ekstrim dan peningkatan pembengkakan di tempat penyengat.

Reaksi alergi yang parah dapat menyebabkan:

    gatal-gatal
    kulit pucat
    gatal parah
    pembengkakan lidah dan tenggorokan
    sulit bernafas
    pulsa cepat
    mual dan muntah
    diare
    pusing
    hilang kesadaran

Jika Anda memiliki tanda-tanda reaksi yang berat terhadap sengatan lebah, dapatkan bantuan darurat. Anda mungkin mengalami syok anafilaktik, reaksi alergi yang mengancam jiwa.
Home remedies untuk sengatan lebah

Kecuali Anda alergi pada lebah atau mengalami tanda-tanda reaksi alergi yang parah, Anda dapat mengobati sebagian besar sengatan lebah di rumah.

Jika lebah madu menyengat Anda, segera keluarkan stinger dengan ujung kuku Anda atau ujung kartu kredit. Ini membantu mengekang jumlah racun yang dilepaskan ke kulit Anda.

Cuci sting site dengan sabun dan air. Icing sting site adalah cara paling efektif untuk mengurangi penyerapan racun. Itu juga bisa membantu mengurangi pembengkakan.

Kebanyakan perawatan rumahan untuk gejala sengatan lebah tidak didukung oleh penelitian ilmiah. Namun mereka telah diwariskan dari generasi ke generasi.

Pengobatan rumahan ini dapat membantu meringankan gejala sengatan lebah:
Madu

Madu dapat membantu penyembuhan luka, nyeri, dan gatal.

Untuk mengobati sengatan lebah dengan madu, gunakan sedikit ke daerah yang terkena. Tutup dengan perban longgar dan biarkan selama satu jam.
Bubuk soda kue

Pasta yang terbuat dari baking soda dan air dapat membantu menetralkan racun lebah untuk mengurangi rasa sakit, gatal, dan bengkak.

Oleskan lapisan tebal pasta soda kue ke area yang terkena. Tutup pasta dengan perban. Biarkan selama setidaknya 15 menit dan ulas kembali sesuai kebutuhan.
cuka sari apel

Cuka juga dapat membantu menetralisir racun lebah.

Rendam sting site dalam baskom cuka sari apel setidaknya selama 15 menit. Anda juga bisa merendam perban atau kain dalam cuka dan kemudian menerapkannya ke situs sting.
Pasta gigi

Tidak jelas mengapa pasta gigi dapat membantu sengatan lebah. Beberapa orang mengklaim bahwa pasta gigi alkalin menetralisir racun lebah madu asam. Namun jika benar, pasta gigi tidak akan bekerja pada racun tabuhan basa.

Either way, pasta gigi adalah obat rumah murah dan mudah untuk dicoba. Cukup oleskan sedikit pada area yang terkena.
Pelunak daging

Enzim dalam pelunak daging yang disebut papain juga dipercaya dapat membantu memecah protein yang menyebabkan rasa sakit dan gatal.

Untuk mengobati sengatan lebah dengan cara ini, buat larutan pelunak daging satu bagian dan empat bagian air. Menerapkan ke sting site hingga 30 menit.
Tablet aspirin basah

Obat rumahan yang populer untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak pada sengatan lebah adalah dengan mengoleskan aspirin basah atau pasta aspirin ke sting site.

Hasil dari satu studi 2003 menunjukkan bahwa penggunaan aspirin secara topikal untuk sengatan atau sengatan tawon sebenarnya meningkatkan kemerahan dan tidak mengurangi durasi pembengkakan atau nyeri dibandingkan dengan menggunakan es saja.
Herbal dan minyak

Tumbuhan ini memiliki sifat penyembuhan luka dan dapat membantu meringankan gejala sengatan lebah:

    Aloe vera dikenal untuk menenangkan kulit dan menghilangkan rasa sakit. Jika Anda memiliki tanaman lidah buaya, pisahkan daun dan peras gel langsung ke daerah yang terkena.
    Krim calendula adalah antiseptik yang digunakan untuk menyembuhkan luka ringan dan meredakan iritasi kulit. Oleskan krim langsung ke situs sting dan tutup dengan perban.
    Minyak esensial Lavender memiliki kemampuan anti-inflamasi dan dapat membantu meredakan pembengkakan. Encerkan minyak esensial dengan minyak pembawa, seperti kelapa atau minyak zaitun. Bubuhkan beberapa tetes adonan ke dalam sting site.
    Minyak pohon teh adalah antiseptik alami dan dapat meredakan nyeri sengatan lebah. Campur dengan minyak pembawa dan oleskan setetes ke situs sengatan.
    Witch hazel adalah obat herbal yang dicoba-dan-benar untuk gigitan serangga dan sengatan lebah. Dapat membantu mengurangi peradangan, rasa sakit, dan gatal. Terapkan witch hazel langsung ke sengatan lebah sesuai kebutuhan.

Perawatan tradisional untuk sengatan lebah

Sengatan lebah secara tradisional diobati dengan kompres es atau dingin untuk membantu mengurangi rasa sakit dan bengkak.

Anti-peradangan seperti Motrin atau Advil juga dapat membantu. Anda dapat mengobati gatal dan kemerahan dengan krim hidrokortison atau lotion calamine.

Jika gatal dan bengkak parah, minum antihistamin oral seperti Benadryl dapat meredakan nyeri.

Untuk mengurangi risiko infeksi, jangan gores bagian yang sakit. Menggaruk dapat meningkatkan rasa gatal, bengkak, dan kemerahan.

Jika Anda mengalami syok anafilaktik setelah mengalami sengatan lebah di masa lalu, Anda harus membawa EpiPen bersama Anda setiap saat.

Jika Anda tersengat lagi, penggunaan EpiPen dapat mencegah reaksi alergi yang parah.
Kapan harus ke dokter

Kebanyakan sengatan lebah tidak memerlukan panggilan ke dokter Anda.

Jika Anda mengalami gejala reaksi alergi yang serius, seperti kesulitan bernapas, gatal-gatal, atau pusing, hubungi layanan darurat lokal Anda. Jangan mencoba menyetir diri ke ruang gawat darurat.

Jika Anda menggunakan EpiPen Anda sebagai respons terhadap sengatan itu, Anda harus menemui dokter Anda.

Cari bantuan darurat jika Anda tersengat beberapa kali. Hubungi dokter Anda jika gejala sengatan lebah Anda tidak membaik setelah beberapa hari.
Garis bawah

Sengatan lebah bisa menyakitkan, apakah Anda alergi pada lebah atau tidak. Jika seekor lebah menyengat Anda, cobalah untuk tetap tenang. Peluang Anda akan baik-baik saja.

Alergi Bee dapat terjadi kapan saja dalam hidup Anda, bahkan jika Anda telah tersengat sebelumnya dan tidak memiliki reaksi alergi. Penting untuk memperhatikan gejala Anda.

Jika Anda tahu Anda akan menghabiskan waktu di luar ruangan, ambil langkah-langkah ini untuk mengurangi risiko sengatan lebah:

    Jangan berjalan-jalan tanpa alas kaki di luar.
    Tinggalkan sarang lebah sendiri.
    Jangan memakai parfum, produk rambut, atau produk tubuh yang berbau harum.
    Jangan memakai warna-warna cerah atau pakaian dengan motif bunga-bunga.
    Tutupi makananmu.
    Jangan mengemudi dengan jendela Anda ke bawah.
    Jangan minum dari kaleng soda terbuka.
    Tinggal jauh dari tempat sampah yang tidak tertutup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar