Stretch Mark

Stretch mark adalah area kulit yang terlihat seperti garis atau garis. Mereka bekas luka yang disebabkan oleh air mata kecil di lapisan kulit dermis.

Stretch mark terjadi ketika serat kulit dan serat elastin direntangkan, seperti ketika seseorang tumbuh atau bertambah berat badan dengan cepat. Seiring waktu, mereka biasanya tampil lebih ringan, seperti bekas luka.

Menurut analisis 2013, antara 50 hingga 80 persen orang mendapatkan stretch mark. Ada sejumlah pilihan perawatan untuk stretch mark. Tetapi sementara pengobatan mungkin memudar stretch mark untuk sebagian besar, itu tidak akan menyebabkan mereka sepenuhnya menghilang.
Perawatan topikal untuk menyingkirkan stretch mark di bokong Anda

Setelah menentukan penyebab stretch mark di punggung Anda, dokter Anda mungkin merekomendasikan perawatan topikal. Ini adalah metode yang paling umum untuk mengobati stretch mark. Topikal termasuk:

    Krim tretinoin. Beberapa penelitian telah menemukan krim tretinoin meningkatkan penampilan stretch mark.
    Trofolastin dan krim albastria. Ulasan 2016 mencatat krim ini dapat memberikan hasil yang positif.
    Gel silikon. Sebuah studi 2013 kecil menemukan silikon gel meningkatkan kadar kolagen dan menurunkan kadar melanin dalam tanda peregangan.

Pilihan pengobatan lainnya

Ada berbagai pilihan perawatan yang berfokus pada stretch mark. Namun, perlu diingat bahwa perawatan tidak dapat sepenuhnya menghilangkannya. Pilihan termasuk:

    Terapi laser. Terapi laser dapat membantu memudarkan tanda peregangan. Biasanya, beberapa minggu perawatan diperlukan. Ini bisa memakan waktu hingga 20 sesi.
    Plasma kaya trombosit. Menurut artikel 2018, suntikan plasma kaya trombosit (PRP) dapat membantu membangun kembali kolagen, membuat tanda peregangan kurang terlihat.
    Microneedling. Juga dikenal sebagai terapi induksi kolagen, microneedling membuat tusukan kecil di lapisan atas kulit untuk memicu elastin dan produksi kolagen. Ini sering membutuhkan hingga enam perawatan selama sekitar enam bulan untuk memaksimalkan hasil.
    Mikrodermabrasi. Sebuah studi 2014 menemukan bahwa mikrodermabrasi memiliki tingkat dampak yang sama pada stretch mark sebagai krim tretinoin.

Perawatan diri untuk stretch mark

Berikut beberapa cara Anda dapat mengobati stretch mark di rumah:
Makan makanan sehat

Karena diet dapat mempengaruhi kesehatan kulit, logis bahwa diet akan berperan dalam stretch mark. Untuk mencegah stretch mark, makan makanan yang sehat dan seimbang. Pastikan untuk mendapatkan banyak vitamin dan mineral, khususnya:

    vitamin E
    vitamin C
    seng
    silikon

Coba minyak

Sejumlah orang mengklaim minyak dapat mengurangi atau menghilangkan munculnya stretch mark, termasuk:

    minyak kelapa
    minyak zaitun
    minyak almond
    minyak jarak

Namun, tinjauan ulang tahun 2015 melaporkan cocoa butter dan minyak zaitun tidak menunjukkan efek positif apa pun.

Di sisi lain, sebuah studi 2012 menunjukkan bahwa kombinasi minyak almond dan pijat efektif dalam mengurangi perkembangan tanda peregangan pada wanita hamil. Para peneliti tidak yakin apakah efek positif berasal dari pijatan, minyak, atau keduanya bersama-sama.

Berikut ini 12 minyak esensial untuk mencoba menyembuhkan dan mencegah stretch mark.
Hindari kortikosteroid

Hindari penggunaan krim kortikosteroid, lotion, dan pil. Mereka mengurangi kemampuan kulit untuk meregang, yang dapat menyebabkan stretch mark.
Tetap terhidrasi

Minumlah air yang cukup - sekitar delapan gelas sehari. Jika kulit Anda tidak mendapatkan cukup hidrasi, kulit Anda akan menjadi lebih tahan.

Lihatlah empat pengobatan rumah lagi untuk stretch mark.
Apa yang menyebabkan stretch mark?

Stretch mark adalah hasil dari sejumlah penyebab, termasuk:

    masa pubertas
    kehamilan
    kegemukan
    riwayat keluarga stretch mark
    terlalu sering menggunakan krim kulit kortison
    obat-obatan yang menghalangi pembentukan kolagen
    Sindrom Cushing
    Sindrom Marfan
    Sindrom Ehlers-Danlos
    pembentukan kolagen yang abnormal

Kapan mengunjungi dokter Anda tentang stretch mark

Jika Anda melihat tanda stretch tetapi tidak memiliki penjelasan mengapa mereka muncul, seperti kehamilan atau penambahan berat badan, buatlah janji dengan dokter Anda. Mereka dapat memeriksa untuk melihat apakah kondisi yang mendasari menyebabkan stretch mark.

Stretch mark sangat normal, dan banyak orang memilikinya di pantat dan di tempat lain. Jika Anda merasa kesal tentang stretch mark dan mereka mengganggu kehidupan sehari-hari Anda, konsultasikan dengan dokter Anda untuk bantuan.
Bawa pulang

Stretch mark di pantat dan di tempat lain sangat umum. Jika mereka membuat Anda tidak nyaman dengan penampilan Anda, ada sejumlah perawatan untuk dicoba.

Memahami itu tidak mungkin stretch mark akan hilang sepenuhnya.

Tinjau opsi perawatan Anda, termasuk kemungkinan efek samping, dengan dokter Anda sebelum membuat keputusan tentang perawatan mana yang akan dicoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar