Stretch Marks

Stretch mark adalah bagian normal dari pertumbuhan bagi banyak pria dan wanita. Mereka dapat terjadi selama pubertas, kehamilan, atau otot atau berat badan yang cepat.

Stretch mark tidak akan hilang dengan sendirinya. Namun, ada cara-cara yang dapat Anda kurangi penampilannya.
Bisakah Anda menyingkirkan stretch mark?

Banyak perawatan telah dibuat untuk menghilangkan stretch mark (disebut juga striae distensae) dan dipasarkan sebagai sukses dalam melakukannya. Namun, dalam banyak kasus, stretch mark tidak pernah benar-benar hilang sama sekali.

Ada jenis perawatan yang dilakukan oleh dokter kulit atau ahli bedah plastik yang dapat secara dramatis mengurangi munculnya stretch mark. Mereka cenderung mahal dan biasanya tidak dilindungi oleh asuransi kesehatan. Perawatan-perawatan tersebut termasuk:

    perawatan laser
    mikrodermabrasi
    bedah kosmetik

Bagaimana saya bisa membuat stretch mark kurang terlihat?

Jika Anda memiliki stretch mark, Anda tidak sendirian. Stretch mark sangat umum untuk orang-orang dari segala usia. Jika stretch mark Anda merupakan masalah kosmetik bagi Anda, ada cara-cara Anda dapat menyembunyikan atau meningkatkan penampilan mereka.

    Gunakan self-tanners. Sunless self-tanners dapat membantu mengisi warna stretch mark Anda dan membuat mereka terlihat lebih dekat dengan warna yang sama dengan kulit Anda. Namun, penyamakan teratur tidak akan membantu juga karena dapat mempengaruhi kesehatan kulit Anda secara negatif. Juga, stretch mark cenderung tidak berjemur.
    Gunakan riasan. Jika Anda hanya ingin menutupi beberapa stretch mark Anda untuk sehari atau malam, menggunakan makeup foundation yang cocok dengan warna kulit Anda dapat membantu menyembunyikan stretch mark Anda.
    Gunakan krim atau salep topikal. Ada banyak krim topikal yang mengklaim membantu membuat stretch mark hilang. Pastikan untuk membaca ulasan dan mencari tahu apa yang sedang dan tidak berfungsi untuk orang-orang.
    Kenakan pakaian dengan lebih banyak liputan. Mengenakan lengan panjang atau celana panjang dapat menutupi area yang dipengaruhi oleh stretch mark.

Bagaimana stretch mark terjadi?

Stretch mark terjadi secara alami ketika pertumbuhan yang cepat menyebabkan robek internal. Meskipun kulit elastis, jika terlalu memanjang dalam rentang waktu singkat, hasilnya seringkali berupa air mata internal yang membentuk bekas luka yang dikenal sebagai stretch mark.

Stretch mark biasa terjadi selama situasi berikut:

    penambahan berat badan cepat
    masa pubertas
    gerak badan
    menggunakan kortikosteroid selama lebih dari beberapa minggu
    kehamilan
    Sindrom Cushing

Ketika stretch mark pertama kali muncul, mereka disebut striae rubrae. Ini terjadi ketika tanda peregangan tampak merah dan tegak lurus dengan area kulit yang direntangkan. Setelah stretch mark memudar, mereka disebut striae albae.
Mencegah stretch mark

Sebuah studi 2012 tentang pencegahan topikal untuk stretch mark menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan dalam pengembangan stretch mark pada wanita yang menerima salep atau losion pencegahan topikal dibandingkan dengan yang menerima plasebo atau tanpa pengobatan.
Pandangan

Stretch mark sangat umum, tetapi penampilan dapat dikurangi dengan menggunakan self-tanners, makeup, salep, atau perawatan bedah.

Kadang-kadang ketika penyebab peregangan tidak lagi menjadi faktor, stretch mark akan hilang, tetapi dalam banyak kasus, dari waktu ke waktu, mereka memudar ke bekas luka yang kurang terlihat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar